cast-the-publicist-viu
Indonesia,  Review Film,  Romance,  Romcom,  Webseries

Review “The Publicist” – VIU Original

Berawal dari penasaran gara-gara lihat posting di Instagram, saya pun memutuskan untuk mencoba nonton The Publicist, webseries dari VIU Original Indonesia.

Btw, udah pada tau VIU kan ya? Semacam Netflix gitu lah, mirip2. Website yang ngasi konten serial kayak televisi atau film gitu, tapi kalau VIU ada sampe drama Korea, Jepang dan drama Asia lainnya.

Nah, The Publicist ini, terlepas dari judulnya yang pake bahasa Inggris, merupakan webseries Indonesia yang emang lagi banyak diomongin di sosial media sejak akhir 2017 lalu. Lumayan bikin penasaran, karena selain ide dan tema ceritanya yang tergolong fresh kalau dibandingin sama sinetron lokal yang lagi gandrung akan geng motor (setelah bertahun2 terobsesi tukang bubur), serial ini juga menggandeng nama-nama yang lumayan harum di dunia perfilman Indonesia: Adipati Dolken, Prisia Nasution, Baim Wong, Poppy Sovia, dan Reza Nangin.

cast-the-publicist-viu
google via Kompasiana.com

Ceritanya tentang seorang aktor muda berbakat Indonesia, Rey (Adipati Dolken), yang karir dan pamornya turun karena terlibat kasus obat-obatan terlarang. Manajer Rey, Erika (Poppy Sovia), berminat untuk menyewa jasa seorang publisis ternama, Julia (Prisia Nasution), untuk  memulihkan nama baik Rey. Plotnya lebih berfokus pada interaksi antara Julia yang perfeksionis dan Rey yang seenaknya yang selalu diwarnai pertengkaran tapi berlanjut menjadi…

…coba tebak jadi apaa… *ngeselin*

Ide ceritanya sekilas memang terdengar simpel, tapi sebenernya ‘kaya’ banget kalau untuk ukuran sinetron Indonesia (bandingin aja terus, Man). Selain dilengkapi oleh kisah cinta segitiga yang ga melulu ngintip sambil muka sepet zoom-in-zoom-out (Baim Wong aku padamu *tepuk2 Baim*), The Publicist juga sedikit-banyak memberi informasi tentang detail pekerjaan seorang publisis di dunia nyata, meskipun ujung-ujungnya lebih banyak ke monitoring dan maintaining media sosial dan makin ke belakang jadi lebih banyak bahas romancenya. Nilai plus utama lainnya adalah sisi komedinya bener-bener lucu, dialog dan aktingnya alami, ceritanya menyimpan beberapa plot twist, juga emosinya kerasa banget, chemistry antara Prisia sebagai Julia dan Adipati sebagai Rey bener-bener bikin senyum-senyum sendiri.

rey-the-publicist-adipati-dolken
Salah satu scene yang bikin paling ngakak di The Publicist (2017) VIU

Btw, soal pendalaman emosi dan akting ini penting banget saya bahas lebih jauh lagi, deh. Jadi sebenernya kalau dari segi plot, ceritanya menurut saya masih agak terkesan terburu-buru (terutama jelang ending) dan agak gombal (menurut saya) di beberapa bagian, tapi semuanya tertutupi dan terselamatkan oleh akting pemeran-pemerannya, yang karena mereka, baik plot gombal maupun enggak, semua pesan dan maksud bisa tersampaikan dengan sempurna. Plot The Publicist ini juga lebih berani dan lebih jujur, menyelipkan beberapa hal yang gak biasanya masuk ke televisi kita kayak alkohol, seks, intimacy, sampai sex preferences, membuat ceritanya makin relatable untuk target audiencenya :D. All hail web series!

Episode favorit: Episode 4 “The Publicist”. Baju baju apa yaaang~=))

rey-dan-julia-mabuk-the-publicist
Konyol-konyolnya The Publicist kayak gini, nih :)) :))

Disutradarai dan ditulis Monty Tiwa yang memang sudah lama malang-melintang di dunia kisah romance bertabur komedi (personal favourite: Maaf Saya Menghamili Istri Anda dan Mengejar Mas-Mas), The Publicist serupa minuman segar di tengah dunia drama serial Indonesia. Seneng rasanya bisa ngeliat serial romcom yang beneran digarap serius, dan yang terutama, produksi negeri sendiri, jadi bisa relate banget dengan keseharian dan dilema cerita.

julia-rey-the-publicist
google via Hipwee

Ngomong-ngomong, jadi penasaran pengen nonton The Switch-nya VIU, ada yang udah nonton?

The Publicist (2017) VIU Original
Score: 8/10

 

Met nonton!

Mandhut.

 

 

 

 

775 total views, 2 views today

Movie freak. Pecinta K-drama, J-Dorama, webseries Indonesia, dan serial televisi asing. Twitter: @mandhut15 | Instagram: @heymandhut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *