adult,  drama,  Indonesia,  Mainstream Romance,  Review Buku,  Roman

Menemukan Kembali Cinta dalam Novel “Re-Tied” karya Alma Aridatha

Uwi tahu bahwa Radit menikahinya bukan karena cinta. Meski begitu, Uwi tetap menerima lamaran lelaki itu, karena meskipun Radit punya motif lain, Uwi hanya tahu satu alasan: hatinya diam-diam telah menjadi milik Radit, sebelum pinangan itu diungkapkan.

Teori Radit terdengar simpel: pernikahan itu tak butuh cinta, hanya butuh pasangan yang mau hidup bersama. Lelaki itu pernah begitu jauh terlibat perasaan pada Dee, sahabat Uwi. Begitu lama Radit menunggu, tapi Dee tak pernah mau menerima cintanya. Hingga akhirnya Dee menikah dengan pria lain, Radit pun merumuskan strateginya sendiri: perasaannya tak penting lagi, dia hanya cukup mencari perempuan yang pantas untuk dinikahi. Radit yakin, perempuan itu adalah Uwi.

Di kala pernikahan didasari bukan oleh cinta yang seharusnya, apakah bahtera rumah tangga bisa bertahan selamanya?

 

Review

Tergoda rating Goodreads, saya memutuskan untuk membaca novel Re-Tied oleh Alma Aridatha. Novel ini merupakan side story dari novel Alma sebelumnya, Tied The Knot: Cinta Datang Saat Terbiasa. Kalau Tied The Knot menceritakan tentang Rian dan Dee, novel Re-Tied bercerita tentang sahabat Dee, Uwi, dan mantan love admirer Dee, Radit.

Saya sempat khawatir bahwa ceritanya akan sedikit roaming, dengan banyak referensi pada novel Tied The Knot yang belum saya baca, tapi Alma menuliskannya dengan sangat baik. Saya bisa menikmati Re-Tied dengan maksimal. Memang ada sedikit cerita Dee dan Rian, tapi semuanya ditujukan untuk memperkuat kisah Uwi dan Radit.

Satu hal yang menurut saya paling kuat dari tulisan Alma adalah, genre roman dewasa, utamanya kehidupan pernikahan dan persahabatan di usia produktif, yang terasa alami meskipun dipenuhi masalah dan intrik. Saya somehow mengerti kenapa novel-novelnya dicintai pembaca, karena tulisannya saya rasa memang bisa memancing target pembacanya untuk relate.

Saya suka bagaimana Alma bisa mengira-ngira, sejauh mana cemburu harus diungkapkan, bagaimana dua orang yang pernah berhubungan menjaga jarak untuk memberi ruang, bagaimana persahabatan dan pernikahan dipertahankan, dan masih banyak lagi. Semua sesuai dengan konteks karakter, tidak ada yang berlebihan, tidak ada yang kurang.

Hanya saja saya punya satu ganjalan yang cukup fatal, karena ini sesuatu yang saya temukan di awal cerita, dimaksudkan sebagai prolog. *SPOILER ALERT, hindari warna biru* Saat Dee menyelamati Radit atas pernikahannya dengan Uwi dan Radit menyelipkan surat ke tangan Dee, dengan risiko ketahuan Uwi dan Rian (yang mana nantinya akan ketahuan). Menurut saya sih terlalu anak sekolah dan reckless banget untuk karakter Radit. Mungkin akan lebih bisa diterima, kalau Radit mengungkapkan itu pada Dee secara empat mata, mungkin sebelum atau sesudah pernikahan. Atau lewat sms. *SPOILER END*

All in all, saya puas dengan ceritanya. Akan mencari kesempatan untuk membaca novel Alma yang lain. Btw, saya jadi penasaran juga dengan cerita sahabat-sahabat Dee dan Uwi yang lain, apakah akan dituliskan juga? *ngarep*.

Last but not least, Re-Tied cocok dibaca untuk penggemar roman dewasa dengan sedikit tema erotica. Menikah ataupun belum menikah, semoga kisah Uwi dan Radit bisa membuat kalian kembali menelaah cinta.

Genre : Romance, Drama
Age Range : Adult
Keywords : marriage life, pregnancy, friendship
Plot/Moral Cerita : (4/5)
Alur/Konflik : (4/5)
Karakter : (4/5)
Diksi/Bahasa : (4/5)
Riset/Pendalaman : (4/5)

Penyunting: Fenti Novela
Penyelaras Akhir: Fitria
Pendesain Sampul: Inke Alverine
Penata Letak: DewickeyR

ISBN : 9786026922984
Format : Paperback, 364 halaman
Diterbitkan pertamakali tahun 2017 oleh Penerbit Romancious
Finished on December 2017
Selamat membaca,
 
Putri Review.

241 total views, 2 views today

Reviewer buku asli Indonesia. Twitter: @putrireview | Intagram: putrireview

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *