fiksi,  Indonesia,  Mainstream Romance,  melodrama,  remaja,  Review Buku,  Roman

Pentingnya Mencintai Diri Sendiri dalam Novel “Someday” by Winna Efendi

Chris tak mudah percaya. Milo sahabatnya, Collin adiknya, kolam renang, dan es krim sundae stroberi di Sixties adalah sedikit dari hidup yang bisa membuat Chris merasa nyaman. Maka ketika seorang pemuda bernama Art hadir dan menyatakan ketertarikannya, Chris tak lantas membuka perasaan.

Art yang menawarkan cinta membuat Chris heran sekaligus curiga. Cinta baginya tak lebih dari bualan belaka. Kedua orangtua Chris adalah contoh nyata. Cinta yang dulu dijaga perlahan sirna, meninggalkan Chris bertanya-tanya: tidakkah dirinya dan Collin cukup untuk menjaga pernikahan kedua orangtua mereka?

Apakah Art adalah bukti bahwa pandangannya terhadap cinta itu salah? Atau benar adanya?

Review

Seperti yang sebelum-sebelumnya, Winna selalu ahli dalam membungkus cerita keseharian menjadi lebih terasa. Cerita yang sedianya sudah bisa diduga-duga alurnya, tapi tetap saja membuat penasaran, karena setiap sudut plotnya disusun dan digambarkan dengan rapi, membuat pembaca tak sanggup memberi jeda pada proses membaca.

Kali ini Winna bercerita tentang gadis remaja tomboi bernama Chris. Gadis yang terlalu cepat menjadi dewasa karena situasi keluarganya. Gadis yang memandang sinis pada kehidupan karena terlalu banyak makan asam garam kehidupan. Gadis yang sedianya masih bertanya-tanya kemana harus melangkah, namun tak tahu kemana harus mengadu dan memilih untuk menyelesaikan masalah-masalahnya sendiri.

Di tengah kerapuhannya, Chris akhirnya mengenal cinta. Menemukan seseorang yang mengerti apa yang dirasakannya, seseorang yang membutuhkannya. Tapi seperti kisah cinta kedua orangtuanya, cinta pertama Chris tak luput dari cela, dan Chris pun harus membuat pilihan besar dalam hidupnya: mencintai dirinya atau orang lain.

Novel ini sangat kental menyinggung masalah kepercayaan diri dan penghargaan terhadap diri sendiri. Tentang pentingnya situasi keluarga yang sehat sebagai tempat tumbuh jiwa yang kuat. Bahwa memang dalam hidup tidak akan ada yang benar-benar sempurna, bahwa sakit hati itu tidak bisa dihindari, tapi kita punya pilihan untuk menyimpan semua penderitaan sendiri, atau mencoba untuk percaya dan membuka diri untuk solusi.

Karena kadang, tidak semuanya bisa dipikirkan sendiri.

Saya cukup suka dengan pesan moral yang disampaikan Winna dalam novel ini, hanya saja seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, alurnya cukup mudah ditebak, dan saya sedikit mengharapkan ada hal-hal yang tidak saya duga, seperti novel One Little Thing Called Hope karya Winna Efendi yang membuat saya sangat puas dengan selipan twist yang tidak diduga-duga, namun manis adanya.

Soal karakter, saya somehow merasa tokoh-tokoh di novel Winna selalu berasal dari lingkar pendidikan dan latar budaya yang sama. Untuk novel berikutnya, saya ingin melihat tokoh yang di luar comfort zone Winna πŸ™‚

Novel ini juga memunculkan kembali tokoh Lulu dan Eli dari novel Happily Ever After karya Winna Efendi yang lainnya. Kejutan yang cukup manis untuk fans Lulu dan Eli.

Novel ini wajib dibaca untuk remaja, terutama yang sedang berjuang dengan identitas dan kepercayaan diri. Dunia remaja bisa jadi menakutkan, dengan banyaknya hal baru yang harus diserap dan dipelajari, emosi-emosi yang baru muncul, diikuti dengan fisik yang bertumbuh. Salah satu cara untuk melewati masa itu adalah komunikasi, memiliki orang yang tepat untuk diandalkan dan berdiskusi. Saya harap novel ini bisa memberi kalian ide kemana kalian harus mengadu, kepada siapa kalian bisa percaya, dan kenapa berkata tidak itu tidak selalu buruk adanya.

Cintai diri kalian sendiri dulu, sebelum kalian mencintai orang lain πŸ™‚

 

Someday

by Winna Efendi

Genre : Romance, Drama
Age Range : Teenager
Keywords : Relationship-abuse, broken home, renang, sekolah, persahabatan
Plot/Moral Cerita : β˜…β˜…β˜…β˜…β˜†(4/5)
Alur/Konflik : β˜…β˜…β˜…β˜†β˜†(3/5)
Karakter : β˜…β˜…β˜…β˜†β˜†(3/5)
Diksi/Bahasa : β˜…β˜…β˜…β˜…β˜…(5/5)
Riset/Pendalaman : β˜…β˜…β˜…β˜…β˜…(5/5)
Editor: Gita Romadhona
Penyelaras Aksara: Resita Febiratri
Penata Letak: Anisah Wijayanti & Ade Ismiati
Penyelaras Tata Letak: Putra Julianto
Desainer Sampul: Isnina Aryani Hasanah
Penyelaras Desain Sampul: Agung Nurnugroho
ISBN : 9789797808877
Format : Paperback, 409 halaman
Diterbitkan pertamakali tahun 2017 olehΒ Gagas Media
Finished on Juli 2017
Selamat membaca,
Β 
Putri Review.

100 total views, 1 views today

Reviewer buku asli Indonesia. Twitter: @putrireview | Intagram: putrireview

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *