Drama Korea,  persahabatan,  Review Film,  Romance,  Romcom

Review Drama Korea: Because This is My First Life (2017)

Drama korea Because This is my First Life bercerita tentang Yoon Ji-Ho (Jung So Min), cewek jelang 30-an, yang terusir dari tempat tinggalnya karena adik laki-lakinya baru saja menikah. Honornya sebagai scriptwriter freelance yang belum punya nama di kota besar seperti Seoul membuat Ji Ho terpaksa mencari tempat tinggal baru yang murah, tanpa syarat deposit, namun sekaligus aman dan nyaman, tapi tentu saja hal tersebut bukanlah sesuatu yang gampang.

Pucuk di cinta ulam tiba, sahabat Ji Ho, Yang Ho-Rang (Kim Ga-Eun), memberitahu Ji Ho bahwa ada kenalannya yang memiliki teman seorang pemilik kondominium di Seoul yang memang sedang mencari penyewa baru untuk satu kamar di properti miliknya. Hanya saja, sang pemilik kondominium yang bernama Nam Se-Hee (Lee Min-Ki) tersebut punya sederet syarat yang sedikit unik, di antaranya: penyewa baru harus bersedia mengikuti jadwal buang sampah, memberi makan kucing, serta bersedia menjaga kebersihan dan kenyamanan apartemen kapan pun.

Terpepet oleh keadaan, dan karena menyangka bahwa sang pemilik apartemen adalah wanita (Se Hee itu di Korsel identik nama perempuan, sedangkan Ji Ho itu identik nama laki-laki), Ji Ho pun menyanggupi. Karena sama-sama sibuk, Se Hee dan Ji Ho tinggal apartemen yang sama selama seminggu lamanya tanpa saling bertemu, komunikasi pun hanya dilakukan via chat saja.

Saat keduanya tahu bahwa mereka sama-sama salah mengira gender satu sama lain, Ji Ho tidak bisa langsung mencari tempat tinggal baru karena masalah ekonomi, sedangkan Se Hee merasa berat mencari penyewa baru karena Ji Ho adalah penyewa yang paling cocok dengannya setelah banyak penyewa lainnya (suka bersih-bersih, tidak pernah pulang dalam keadaan mabuk, tidak merusak). Tadinya Ji Ho dan Se Hee memutuskan untuk tetap meneruskan kontrak sewa apartemen, namun mereka mulai risih saat orang-orang di sekitar mereka (ibu Se Hee, teman-teman Ji Ho) tahu bahwa mereka wanita dan pria yang tinggal bersama tanpa hubungan apa-apa.

Di tengah kerumitan tersebut, Se Hee menawarkan solusi untuk Ji Ho:
Bagaimana jika Ji Ho menikah dengannya selama 2 tahun ke depan sambil tetap membayar sewa apartemen, sehingga Ji Ho bisa mendapatkan tempat tinggal yang layak dengan harga murah, sedangkan Se Hee bisa tetap mendapatkan pemasukan untuk melunasi cicilan rumahnya.

Dan semuanya dilakukan dengan kontrak rahasia, teman-teman dan keluarga mereka hanya tahu mereka menikah karena cinta.

Apakah Ji Ho bersedia?

—–

Kawin kontrak supaya dapet tempat tinggal 😀

Iya, sodara-sodara. Ceritanya emang agak maksa. Di episode-episode selanjutnya sampai akhir pun, banyak banget elemen plot yang rada gak konsisten. Tapi biar begitu, K-Drama Because This is My First Life ini emang bikin nagih, utamanya gara-gara karakter cowok peran utamanya, Nam Se-Hee yang diperankan oleh Lee Min-Ki.

Se Hee itu digambarkan sebagai cowok introvert yang kaku, punya plan dan jadwal untuk segala hal. Kalau lagi kerja atau di kantor bener-bener gak mau bahas hal lain selain kerjaan, bahkan meskipun yang ngajak ngomong itu atasannya. Kalau ada yang menyalahi kontrak dia gak pakai basa-basi atau ba-bi-bu, langsung ambil tindakan. Semua keputusannya dia kalkulasi baik-baik supaya goalnya tercapai, seringkali dengan mengesampingkan perasaan orang-orang lain di sekitar mereka.

Nah, yang bikin karakter Se Hee agak beda dari tipikal karakter cowok-cowok introvert kaku k-drama lainnya. Se Hee itu biarpun keliatan innocent, gak bener2 innocent. Biar keliatan kaku, gak bener2 kaku. Dan biarpun keliatannya gak sensitif, dia sebenernya paham apa yang terjadi di lingkungannya, tahu perasaan orang lain di sekitar mereka. Hal ini terasa banget sih dari interaksi dia sama Ji Ho. Awalnya dipikir Ji Ho yang bakal lebih ekstrovert dan berinisiatif, yang nyetir kemana hubungan mereka berkembang, tapi sebenernya Se Hee-lah yang lebih banyak ambil keputusan.

Pokoknya drama ini bertahannya gara-gara Se Hee 😀

Se Hee yang diperankan oleh Lee Min Ki 😀

Karakter Ji Ho sendiri sebenernya lumayan menarik sih di awal: tentang scriptwriter yang berjuang membuktikan kualitasnya di tengah dunia drama televisi korea yang cenderung monoton dan mengutamakan rating serta slot iklan. Tapi sayangnya seiring berjalannya cerita, karir Ji Ho bener-bener ketutup sama tema romancenya, bahkan ada beberapa pernyataan dan dialog Ji Ho yang berasa gak konsisten bahkan bikin karakter Ji Ho jadi kurang kuat di mata penonton.

Overall, drama Because This is My First Time ini sebenernya lumayan bagus. Usahanya untuk menyentuh tema-tema yang penting lumayan kerasa: emansipasi wanita, persahabatan, juga relationship: baik hubungan percintaan yang sudah berjalan 7 tahun, dan yang baru berkembang menjadi sesuatu yang lebih serius. Recommended untuk para hopeless romantic!

3 pasangan Because This is My Frist Time (ki-ka): Yang baru kenalan udah nikah, yang baru kenalan udah lengket, yang udah lama pacaran tapi gak nikah2.

Oh, bonus supporting cast yang kinyis2 ini:

Kim Min Kyu sebagai Bok Nam

Because This is My First Life (2017)

7/10

463 total views, 6 views today

Movie freak. Pecinta K-drama, J-Dorama, webseries Indonesia, dan serial televisi asing. Twitter: @mandhut15 | Instagram: @heymandhut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *