Drama Korea,  fantasy,  persahabatan,  Review Film,  Romance,  supernatural

Review Drama Korea: Hwayugi / A Korean Odyssey (2017)

Buat yang ngefans sama Goblin, Lee Seung Gi, dan serial Kera Sakti (mana nih anak 90an?), kemungkinan besar kamu bakal suka sama drakor yang satu ini, Hwayugi alias Korean Odyssey.
Plot Hwayugi sebagian merupakan adaptasi dari mitologi perjalanan biksu Tong mencari kitab suci dengan ditemani oleh 3 muridnya yang merupakan siluman sakti, yaitu siluman kera, siluman babi, dan siluman sungai (kappa?). Hampir sama kayak Goblin, plotnya menggambarkan tokoh2 tersebut di dunia sekarang ini, sehari-hari bekerja dan berpenampilan seperti manusia biasa.
Journey to The West aka Kera Sakti, tontonnannya anak Indonesia tahun 90-an
Nah kalau di Hwayugi, Xianzang / biksu Tong-nya jadi perempuan cantik yang punya indera keenam yang bernama Jin Seon Mi (Oh Yeon So). Jin Seon Mi ini ceritanya titisan Sam Jang (biksu Tong-nya Korsel?), diburu roh jahat dan siluman karena darah dan dagingnya bagi mereka lezat dan beraroma bunga lotus, juga bisa kasih kekuatan yang luar biasa.
Siluman Kera atau Sun Go Kong-nya kalau di sini namanya Son Oh Gong (Lee Seung Gi), tapi tenang aja gak sering garuk-garuk kayak Sun Go Kong di serial Kera Sakti, kok. Lee Seung Gi cuma dicukur cepak aja sampe kupingnya keliatan lebar terus suka pake mantel bulu. Di luar itu aktingnya bagus, kok. Mayan banget. Menggambarkan sifat Go Kong yang emosional, nakal, tapi baik hati :). Son Oh Gong kerjanya cuma senang-senang, balap-balapan, ngoleksi minuman keras (karena dia ga boleh minum, tapi siap2 kalau one day boleh), sama gangguin Raja Kerbau alias Woo Hwi.
Son Oh Gong, siluman monyet yang suka pake mantel bulu
Raja Kerbau alias Woo Hwi (Cha Seung Won) di sini jadi CEO perusahaan entertainment gitu, mirip2 sosok Park Jin Young aka JYP. Dia merekrut beberapa siluman untuk jadi artis2 yang berkharisma, tujuannya untuk mengumpulkan energi dari fans penonton konser.
Zhu Ba Jie alias siluman babinya di sini namanya PK alias Jeo Pal Gye (Lee Hong Ki), dan tenang aja, di sini gak gendut dan berhidung babi, kok. Dia salah satu artis perusahaannya Woo Hwi, idol cowok paling terkenal di Korsel gitu ceritanya. Suka gak mikir panjang dan agak genit, tapi hatinya baik.
Sha Wu Jing di sini namanya Sa Oh Jeong, diperankan oleh aktor lawas Jang Gwang. Tampilannya paling tua di antara siluman lainnya, tapi di sini jadi ‘adik’nya Son Oh Gong. CEO perusahaan komunikasi yang super kaya (lebih kaya dari Woo Hwi si kayaknya), tapi nurut banget sama Son Oh Gong. Pokoknya kalau buat Son Oh Gong, semuanya ditunda. Saking mengabdinya meskipun sibuk suka nyempetin bersih2 sama masak buat Son Oh Gong :D.
(ki-ka): Pal Gye, Son Oh Gong, Jin Seon Mi, Woo Hwi, Sa Oh Jeong versi Hwayugi
Nah, tokoh2 di Hwayugi itu misinya bukan mencari kitab suci ke barat, tapi lebih ke misi personalnya Jin Seon Mi alias Sam Jang. Jadi kalau di drakor ini, diceritakan kalau jiwa Sam Jang itu cuma bakal menitis ke bumi kalau ada kemungkinan kiamat/petaka besar di bumi. Siapa pun yang punya darah dan kemampuan Sam Jang bertugas untuk mencegah kehancuran itu dengan cara apa pun. Masalahnya, Jin Seon Mi itu, meski titelnya keren titisan pendeta sakti, kemampuannya cuma sebatas lihat hantu sama darahnya aja bikin hantu-hantu pada ngiler. Sehari-harinya itu Jin Seon Mi lemah banget, itulah mengapa dia butuh sosok untuk melindungi dia dari kejaran hantu dan siluman. Karena satu dan lain hal, dengan bantuan Woo Hwi si Raja Kerbau, Jin Seon Mi pun berhasil menjebak Son Oh Gong untuk tunduk pada perintahnya dan melindungi dia dari kejaran siluman dan iblis jahat.
Nah, sebenernya kalau secara keseluruhan menurut gue plotnya emang agak cheesy, terutama hubungan Son Oh Gong – Jin Seon mi, tapi ini nih yang paling bikin meringkel nontonnya: Jadi kalau di serial Kera Sakti (yang dulu tayang di Indosiar itu) kan Sun Go Kong dipakein mahkota di kepala gitu yang bakal mengetat dan bikin Sun Go Kong sakit kepala kalau dia membangkang sama Biksu Tong. Nah, kalau di sini, Son Oh Gong dipakein gelang sakti gitu, yang efeknya bikin Son Oh Gong jatuh cinta sama Jin Sun Mi. Jadi karena cinta, gak bakal tega nyakitin (karena Son Oh Gong juga siluman kan, dan dia aslinya pengin banget makan Jin Seon Mi), gak bakal tega bunuh, bikin Jin Sun Mi nangis atau cemberut aja rasanya tersiksa luar biasa.
ekspresi gue lagi agak ga enak tapi apa daya mau nunjukin gelang
nah itu aslinya mahkota ini nih
Kurang cheesy apa coba *main2 seruling ala film India*.
Gue kurang suka sama karakter Jin Seon Mi-nya karena di sini digambarin loyo banget dari awal ampe akhir. Dari awal dia tahu dia titisan Sam Jang yang dikejar hantu terus harus mencegah kiamat aja dia udah gak ridho, terus sepanjang plot fokusnya dia itu Son Oh Gong melulu: “Son Oh Gong gak bener2 cinta sama gue, itu cuma gara2 gelang”, “Kalau gak pake gelang, Son Oh Gong masih mikir gue cantik gak ya?”, dst.
Jin Seon Mi si galau
Iya sih, okelah, Son Oh Gong, biarpun titelnya siluman monyet, di sini ganteng (ya ngertiin deh ya), terus mencoba mengerti juga karena hampir selama hidupnya si Jin Seon Mi ini sebatang kara karena dijauhin teman dan keluarga (karena dikejar hantu melulu dan dianggap bawa sial), jadi ya, begitu ada yang perhatian dia jadi rada dangdut, tapi tetep aja, kalau karakternya dari awal ampe akhir kayak gitu, sementara dia punya tanggung jawab besar di pundaknya, gue rada ilfil sih.
Terus plotnya nuju ending agak2 melempem, semacam: lha? Gitu doang? Terus seperti drama korea romance pada umumnya, episode terakhirnya bertema hanya romance :D.
Tapi, terlepas dari gombal2nya dua pemeran utama (yang over banget), ada beberapa hal yang bikin gue tetep nonton drama korea ini dari awal ampe akhir:
  1. Lee Seung Gi, seperti biasa, aktingnya bagus. Gue lumayan suka sih cara dia meranin Son Oh Gong di sini. Gak berlebihan, gak kurang. Lumayan bikin betah nonton hahahaha.
  2. Cha Seung Won yang bagus banget meranin Raja Kerbau. Jadi salah satu yang bikin drakor yang ini mirip banget sama drama Goblin adalah hubungan bromance, kadang temen kadang musuh, tinggal satu rumah antara Raja Kerbau sama Son Oh Gong. Untungnya keren2 aja sih.
  3. Karakter2nya yang lumayan menarik. Ada zombie, ada komandan musim dingin dan peri musim panas, penyihir mawar. Berhubung gue penggemar Kera Sakti jadi agak2 berasa nostalgia 😀

 

Son Oh Gong sama Woo Hwi yang suka jail2an. Bromancenya dapet sih 😀
Oh dan daya tarik tambahan: di sini pemainnya hampir semuanya ganteng dan cute. Eye candy semua, deh. Ada Jung Jae-Won juga alias ONE yang tampangnya lumayan bikin gemes 😉
Ya saya emang munculnya jarang, tapi ngangenin kaan
Gimana? Tertarik, gak? Kalau ada yang udah nonton atau minat nonton monggo dikomen ya 🙂

Hwayugi / A Korean Odyssey (2017)

7/10

157 total views, 2 views today

Movie freak. Pecinta K-drama, J-Dorama, webseries Indonesia, dan serial televisi asing. Twitter: @mandhut15 | Instagram: @heymandhut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *