s01e06 Electric Dreams
antologi,  keluarga,  neo noir,  persahabatan,  Review Film,  Romance,  science fiction,  serial

Review Drama Series: Phillip K. Dick’s Electric Dreams (2017)

Karya-karya sci-fi terkenal karya Phillip K. Dick diangkat ke layar lebar dengan judul Phillip K. Dick’s Electric Dreams. Serial yang baru dirilis season 1-nya di Amazon Primes pada tahun 2017 yang lalu ini terdiri dari 10 episode dengan plot yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya.

Jadi nontonnya bisa acak kayak Doraemon gitu 😀

Phillip K. Dick’s Electric Dreams bercerita tentang dunia masa depan. Dunia di mana mutasi genetik memungkinkan beberapa di antara kita untuk membaca pikiran satu sama lain. Dunia di mana manusia sudah berhasil menjelajahi setiap galaksi di langit. Dunia di mana bisnis tour and travel beralih dari wisata Jepang dan Korea Selatan menjadi wisata melihat supernova di salah satu bimasakti asing nun jauh di sana. Dunia di mana kesadaran manusia bisa diproduksi dan diperjualbelikan. Dunia di mana pohon dan tanaman tak lagi ada. Dan masih banyak lagi.

Dengan setting waktu yang kadang berjarak 30-50 tahun dari dunia kita sekarang, namun tak jarang melompat jauh hingga ratusan bahkan ribuan tahun di masa depan, Phillip K. Dick’s Electric Dreams bercerita tentang drama manusia di masa-masa yang berbeda tersebut. Tentang cinta, persahabatan, dan keluarga di tengah zaman yang tak lagi sama. 

s01e04 Electric Dreams
Season 1 Episode 4 “Impossible Planet” Phillip K. Dick’s Electric Dreams

Kalau mau dibandingkan, meskipun bertema sama, namun saya merasa Phillip K. Dick’s Electric Dreams tidak memiliki kematangan plot yang sama dengan serial netflix Black Mirror. Beberapa fakta science fiction-nya masih terasa mengada-ngada dan kurang detail, sehingga untuk penonton yang memang menunggu-nunggu bagian tersebut, Phillip K. Dick’s akan terasa kurang memuaskan. Namun, untuk para hopeless romantic dan pecinta drama, serial yang satu ini bisa dijadikan pilihan.

Dari semua episode di season 1, episode favorit saya adalah episode 1 “The Hood Maker”. Saya benar-benar suka adegan dua orang yang bertarung merebut dan mempengaruhi kesadaran. Saya juga suka bagaimana serial tersebut memperlihatkan kemungkinan apa saja yang bisa dieksplorasi, saat telepati merupakan mutasi genetik yang sudah cukup menyebar di dunia masa depan kita nanti. Saya juga suka penggambaran propaganda dan eksploitasi iklan di episode 10 “Kill All Others”.

s01e01-phillipkdicks-electricdreams
Season 1 Episode 1 Phillip K. Dick’s Electric Dreams “The Hood Maker”

Bagaimana? Tertarik menonton serial netflix yang satu ini?

Bagi yang masih penasaran, silakan dilihat sinopsis dan ranking beberapa episodenya pada link berikut.

Phillip K. Dick’s Electric Dreams

Score: 7/10

Selamat nonton!

Mandhut.

150 total views, 1 views today

Movie freak. Pecinta K-drama, J-Dorama, webseries Indonesia, dan serial televisi asing. Twitter: @mandhut15 | Instagram: @heymandhut

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *